Audit AMI STMIK (Keseluruhan)

Suatu pemeriksaan yang sistematis dan independen untuk menentukan apakah kegiatan menjaga mutu serta hasilnya telah dilaksanakan secara efektif sesuai dengan rencana yang ditetapkan untuk mencapai tujuan. Suatu pemeriksaan yang sistematis dan independen untuk menentukan apakah kegiatan menjaga mutu serta hasilnya telah dilaksanakan secara efektif sesuai dengan rencana yang ditetapkan untuk mencapai tujuan.

a) Jaminan Mutu Produk:

Memastikan mutu produk/keluaran

b) Jaminan Mutu Proses:

Memastikan mutu suatu proses

c) Jaminan Mutu Sistem:

Memastikan mutu sistem (semua proses)

3 Tipe Utama Audit Mutu

• Audit Mutu Produk/Pelayanan: berdasar atas karakteristik produk/pelayanan tersebut.

• Audit Mutu Proses: berdasar atas indikator kinerja kunci.

• Audit Mutu Sistem: berdasar pada elemen-elemen dari sistem.

Audit penjaminan dan evaluasi yang independen dan objektif secara internal dalam organisasi penyelenggara pendidikan berdasarkan standar yang dimiliki organisasi.

TUJUAN UMUM AMI

Untuk menganalisis kekuatan, kelemahan,ancaman, dan Peluang penyempurnaan mutu akademik.

LINGKUP KEGIATAN AMI

Audit/pemeriksaan ketidakpatuhan/keluhan terhadap pelaksanaan dari pernyataan yang tertera dalam dokumen:

1. Standar Akreditasi (BAN PT)

2. Kebijakan akademik

3. Standar akademik

4. Manual mutu akademik

5. Manual prosedur

6. Dokumen pendukung, antara lain:

Spesifikasi Program Studi, kompetensi lulusan, dll.

DASAR HUKUM AMI

1.UU no. 20 / 2003 : Sistem Pendidikan Nasional

2.PP no. 60 / 1999 : Pendidikan Tinggi

3.Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

4.Kebijakan Akademik

5.Standar Akademik

KEDUDUKAN TIM AMI

1. Ketua tim AMI ditugaskan dan bertanggung

jawab kepada Ketua Sekolah Tinggi

2. Struktur organisasi AMI harus jelas mengatur

aspek-aspek yang berkaitan dengan :

a. Pembagian kerja diantara anggota tim AMI

b. Pengelompokan tim AMI

c. Rentang kendali

d. Pendelegasian wewenang dari Ketua tim AMI

FUNGSI TIM AMI

Membantu agar program penjaminan mutu yang direncanakan dapat berjalan baik di tingkat Sekolah Tinggi maupun Program Studi

Dalam menjalankan tugas Tim AMI harus memiliki:

1. Auditor yang profesional

2. Wewenang dan tanggungjawab yang jelas

3. Perencanaan yang menyeluruh

KEDUDUKAN TIM AMI

WEWENANG

a. Melaksanakan Audit

b. Melaporkan hasil Audit

c. Memberikan konsultasi bila diperlukan

TANGGUNG JAWAB TIM AMI

a. Tim AMI tingkat Sekolah Tinggi bertanggungjawab kepada Ketua Sekolah Tinggi untuk AMI tingkat Program Studi

b. Melaksanakan audit secara sistematik, objektif, dan

independen

c. Melaporkan hasil audit

WEWENANG KETUA TIM AMI

a. Menentukan auditor yang akan dilibatkan dalam suatu penugasan audit

b. Mengajukan anggaran berkaitan dengan pelaksanaan audit

c. Melakukan penilaian terhadap laporan tim dan dokumen pendukung

d. Melakukan penilaian terhadap proses audit

e. Melakukan penilain terhadap sistem dan proses pengolahan data

f. Memperhatikan hasil laporan audit dalam rangka menentukan tindak lanjut yang akan dilakukan

TANGGUNGJAWAB KETUA TIM AMI

a. Merencanakan kegiatan audit

b. Mengatur dan mengarahkan kegiatan audit

c. Melaksanakan audit

d. Mengevaluasi prosedur yang ada untuk memperoleh keyakinan bahwa tujuan dan sasaran dari program studi dapat dicapai secara optimal

e. Mengambil tindak lanjut bila dianggap perlu

f. Mempertanggungjawabkan kegiatannya secara rutin kepada Ketua Sekolah Tinggi

TUJUAN AMI

• Memberi nilai tambah dan memperbaiki kegiatan operasional akademik atau proses akademik Universitas.

• Mengetahui bahwa pelaksanaan standar mutu akademik Univesitas telah tepat dan efektif, serta terdapat upaya-upaya peningkatan standar mutu akademik tersebut.

• Mengidentifikasi lingkup perbaikan dan mengembangkannya secara profesional berkelanjutan.

SIKLUS AMI

1) Menetapkan tujuan audit

2) Merencanakan audit tahunan

3) Menetapkan sasaran dan lingkup audit

4) Membentuk tim audit

5) Mengkaji ulang dokumen dan menyiapkan daftar pengecekan (audit sistem)

6) Menyelenggarakan rapat tim audit

7) Menetapkan jadwal audit

8) Melaksanakan audit di tempat obyek audit (Audit kepatuhan)

9) Menyusun laporan audit [Temuan (KTS/OB)

10) Melakukan kajiulang oleh manajemen

(+ auditor/konsultan).

Ditulis oleh Admin on Sunday January 29, 2017
Permalink -

« Alur Kegiatan AMI Jadwal AMI Fakultas »